Adab dan Doa Belajar

Pengertian Adab

Adab adalah kesopanan, tingkah laku yang pantas dan baik , kehalusan budi bahasa, tata susila, dan kesusastraan. Bentuk jamaknya adalah al-adab. Kata ini sudah dikenal sebelum datangnya Islam, diperkirakan 150 tahun sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sejak zaman itu pengertian adab telah mengalami perkembangan.
Pada masa permulaan Islam kata adab selain berarti akhlak yang baik, juga berarti pengajaran dan pendidikan yang baik seperti terlihat dalam ungkapan Nabi SAW : “ Addabani rabbi fa ahsana ta’dibi “ ( Tuhanku telah mendidiku dengan sebaik-baiknya pendidikan).
Menurut Imam Al-Gazali adab adalah melatih diri secara lahir dan batin untuk mencapai kesucian lahir dan batin untuk mencapai kesucian, menjadi sufi. Adab itu menurutnya ada dua tingkatan : (1) adab khidmah, yaitu fana dari memandang ibadanya dan memandang ibadah yang diperbuatnya hanya semata dengan izin dan anugerah Allah SWT kepadanya. (2) Adab ahli hadrat al-uluhiyyah bagi ahli qurb (orang-orang yang dekat dengan Tuhan), yaitu adab yang mereka lakukan adalah mengikuti adab Rasulullah SAW lahir dan batin.

Keutama Dunia dan Akhirat yang baik
1. Mendapatkan keridhaan Allah
2. Menikmati kebaikan hidup berupa kecukupan dan keberkahan
3. Bahagia di dunia da akhirat
4. Urusan kita di dunia bisa menjadikan sebab untuk bekal akhirat kita.

Adab Belajar
1. Niat belajar untuk mencari keridhaan Allah
2. Membaca doa ketika memulai belajar
3. Penuh perhatian, konsentrasi, dan tidak main-main saat belajar
4. Tidak ribut pada saat guru menerangkan
5. Fokuskan pendengaran dan penglihatan pada pelajaran
6. Mengulang-ulang pelajaran yang telah diterangkan oleh guru
7. Selalu siap mengerjakan tugas yang diperintahkan oleh guru
8. Bertanya kepada guru jika ada yang tidak dimengerti.

Anak-anak yang disayangi Allah adalah mereka yang menggunakan masa kecilnya untuk belajar dan melatih diri untuk taat dan beribadah kepada Allah serta selalu berbuat baik kepada sesama.

Rasulullah SAW bersabda :

“ Siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan mendapatkannya


“ Menuntut Ilmu itu Wajib bagi setiap Muslim laki-laki dan perempuan “.


“ Carilah Ilmu walaupun harus ke Negeri Cina.”

Jadi untuk urusan mencari ilmu walaupun sangat jauh kita dianjurkan untuk tetap mencarinya.

Keutamaan Belajar
1. Akan mendapat keridhaan Allah
2. Akan diberikan pahala seperti mati syahid
3. Menambah sifat kesalehan
4. Akan menjadi orang pintar dan cerdas
5. Akan disenangi teman-teman karena kepintarannya.

Belajar merupakan kewajiban orang. Kalau ingin pintar haruslah rajin belajar dan berlatih. Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Yang paling utama di antara manusia adalah memberi manfaat. Apabila dibutuhkan, dia memberi manfaat. Apabila tidak dibutuhkan, dia mencukupi dirinya.” Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Tidak akan kenyang seorang alim dengan ilmu, sehingga batas terakhirnya adalah surga.” Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Kebinasaan umatku ada di dalam dua hal, yaitu meninggalkan ilmu dan mengumpulkan harta.” Nabi Muhammad SAW bersabda, “ jadilah kamu orang yang alim, orang yang mencari ilmu, orang yang mendengarkan, orang yang mencintai. Dan janganlah kamu menjadi orang yang kelima. “ yakni membenci “ tentu kamu binasa". Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Binasa dari ilmu adalah kesombongan". Allah SAW berfirman :




” Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alas an “.
(QS. Al-A’raf : 146)
Allah SAW berfirman :

" niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat " . (QS. Al Mujadilah : 11 )

Adab Berdoa
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam berdoa adalah seperti dalam Firman Allah SWA :

"Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas" . (QS : Al-A’raf : 55)

Berikut adalah adab berdoa ;
1. Diawali dengan Niat yang Ikhlas
2. Diawali dengan memuji Allah SWT
3. Berdoa dengan Asma’ul Husna
4. Diawali dengan Ismul ‘Azam

Doa Belajar

“ Ya Allah, tambahkanlah akau ilmu pengetahuan dan berikanlah aku kepahaman dan golongankan aku ke dalam orang-orang yang saleh".

“ Ya Allah ! Sesungguhnya, aku mohon kepada-Mu rezeki yang baik, ilmu yang bermanfaat, dan amal yang diterima. Amin. Ya Allah, bukakanlah untuk kami hikmah-Mu, dan taburkan kepada kami rahmat_Mu dari khazanah rahmat-Mu. Wahai Zat Yang Maha Kasih”.

“ Ya Allah, perkaya diriku dengan ilmu, hiasilah diriku dengan kesabaran, dan muliakanlah diriku dengan takwa, serta perindah diriku dengan kesehatan”. Download